rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Jumat, 18 Maret 2011

GLIKOGENESIS

dari kata-katanya aja gliko=glikogen genesis=pembentukan digabung jadi glikogen pembentukan. Eh salah pembentukan glikogen. Proses ini terjadi setelah kita habis makan karena kadar gula darah kita tinggii lho. Glikogen di simpan di dalam otot dan hati untuk alasan yang rahasia tapi yang jelas glikogen dalam otot nantinya akan digunakan sebagai sumber glukosa untuk glikolisis. Sedangkan yang ada di liver berfungsi untuk dikeluarkan pada saat kadar glukosanya turun.
Glikogen disintesis oleh UDP glukosa. Proses ini terjadi di sitosol memerlukan energi yang disuplai dari ATP dan UTP. Proses glikolisis ini melalui tahap-tahap reaksi yaitu
-fosforilasi glukosa untuk menghasilkan glukosa6fosfat oleh enzim hexokinase atau glukokinase.
 selanjutnya, glukosa6fosfat ini akan diubah menjadi glukosa1fosfat oleh enzim fosfoglukomutase
 nah dari glukosa 1 fosfat ini akan dirubah menjadi UDP glukosa oleh glukosa 1 fosfat uridilyltransferase.
Jadi intinya glukosa 1 fosfat + UTP = UDP glukosa. Nah dari UDP glukosa ini baru deh akan disintesis menjadi Glikogen.


Selanjutnya terjadi proses sintesis glikogen oleh UDP proses itu membutuhkan 2 enzim yaitu:
a. glikogen sintase fungsinya adalah untuk membentuk rantai molekul glukosa dengan alfa-1.4 glikosidik
b. branching enzim (amilo glukosil transferase) fungsinya adalah untuk memindahkan 7 residu glukosa, dari rantai yang baru terbentuk dan memindahkannya kerantai lain untuk membentuk alfa-1.6 glikosidik.
gambar


Disini ada juga protein spesifik pada glikogen fragmen yang biasa disebut glikogenin dimana fugsinya sebagai aceptor residu glukosa. Transpor molekul pertama glukosa dari UDP glukosa ke glikogenin dikatalis oleh glikogen insiator sintase.