rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Jumat, 18 Maret 2011

GLIKOGENOLISIS


glikogenolisis proses pemecahan glikogen menjadi glukosa atau glukosa 6 fosfat pada saat respon gula darah rendah. Proses ini terjadi di sitosol. Nah disini adalah proses kebalikan, kalo yang tadi pembentukan rantai sekarang degradasi rantai. Reaksinya:
a. shortening of chain
menggunakan bantuan dari Pi, glikogen fosforilase memotong rantai 1.4 pada bagian cabang terluar dari glikogen. Glikogen fosforilase akan berhenti ketika  cabang yang dipotong tersebut tingggal memiliki 4 glukosa residu. Molekul glikogen yang telah terdegradasi dari branch point disebut limit dextrine.
b. removal of chain
dimulai dari adanya oligoglukotransferase yang memutuskan 3 dari 4 glukosa residu yang tadi pada saat shortening of chain dan mentransfernya ke non reducing end pada rantai lain.
Ini menyebabkan terbentuknya rantai cabang 1.6. lalu  dilanjutkan dengan amiloglukosidase yaitu debranching enzime yang pastinya fungsinya untuk memutuskan cabang dari 1.6 tersebut. Nah sehingga akan terbentuk satu rantai tanpa cabang deh.

Jadi intinya glikogen akan diubah menjadi glukosa 1 fosfat oleh glikogen fosforilase. Selanjutnya glukosa 1 fosfat ini akan diubah menjadi glukosa 6 fosfat oleh fosfoglukomutase. Lalu gukosa 6 fosfat ini diubah oleh glukosa 6 fosfatase menjadi glukosa. Dan glukosa akan berdifusi dari sel ke darah. Lalu kadar gula darah jadi normal lagiiii

tapi ada juga peyakitnya yang disebut glikogen storage disease dan terbagi atas beberapa tipe-tipe.
Tipe 1 Von Gierke's disease
terjadi karena defisiensi glukosa 6 fosfatase pada jaringan hati.
Tipe 2 Pompe's disease
karena defisiensi enzim alfa-1.4 glukosidase pada semua lisosom
Tipe 3 Cori's disease
karena defisiensi dari amilo 1.6 glukosidase atau debranching enzim pada jaringan di semua organ
Tipe 4 Anderson's disease
karena defisiensi amilotransglikosidase pada jaringan di liver dan mungkin pada semua jaringan.
Tipe 5 Mc Ardle's disease
karena defisiensi glikogen fosforilase pada jaringan otot.