rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Jumat, 18 Maret 2011

GLUKONEOGENESIS


Intinya itu, ini merupakan proses pembentukan glukosa dari molekul yaang bukan karbohidrat. KEnapa ini harus terjadi, karena sebagai fungsi untuk melindungi tubuh khususnya otak dari hipoglikemia. Nah substrat-substrat yang biasa digunakan diantaranya asam amino, laktat, gliserol dan propionat. Nah disitu disebut bahwa gliserol dapat berubah menjadi glukosa, itu mungkin dapat sedikit memberikan gambaran mengapa orang yang obesitas dapat mengalami diabetes melitus.
Masi ingat kan dengan reaksi irreversibel pada glikolisis, nah disini dapat di alihkan dengan 4 alternatif. Yaitu:
-        karboksilasi dari piruvat ke oksaloasetat oleh piruvat karboksilase lalu oksaloasetat akan di konversi oleh ke fosfoenolpiruvat oleh fosofoenolpiruvat karboksikinase
-        oksaloasetat akan mengalami reduksi menjadi malat lalu ditranspor ke sitosol dan terjadi oksidasi kembali atau reoxidize ke oksaloasetat.
-        Terjadi juga defosforilasi fruktosa 1.6bifosfat oleh fruktosa 1.6bifosfatase
-        terjadi juga defosforilasi dari glukosa 6 fosfat dengan glukosa 6 fosfatase

            sintesis glukosa dari laktat

-        laktat dihasilkan oleh sel dengan kadar oksigen yang rendah.
-        Lalu dimasukkan kedalam Cori cycle dimana laktat yang dirilis dari otot skelet pada saat olahraga selanjutnya akan ditransfer ke hati lalu dirubah menjadi piruvat dan piruvat akan dirubah menjadi glukosa

            sintesis glukosa dari gliserol

-        gliserol yang merupakan produk dari metabolisme lemak yang disimpan dalam adiposa tissue akan ditransfer ke hati lalu dikonvesi menjadi gliserol 3 fosfat oleh gliserol kinase (hanya di hati dan ginjal). Hanya di hati dan ginjallah dapat dikonversi menjadi gliserol glukosa.

            Sintesis glukosa oleh asam amino

-        asam amino yang terpenting adalah alanin, singkatnya pada saat olahraga piruvat dirubah menjadi alanin. Lalu alanin akan ditransport ke hati dan dikonversi kembali menjadi piruvat lalu dirubah menjadi glukosa.