rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Rabu, 23 Maret 2011

HOMEOSTASIS DAN KONTROL


REGULASI DARI METABOLISME GLUKOSA

            dibawah kondisi normal tubuh akan mengandung serum dengan kadar kosentrasi glukosa antar 70-100 mg/dl. Sistem saraf sendiri membutuhkan antara 110 glukosa darah perhari untuk metabolisme. 
            3 komponen organik dalam makanan, karbohidrat, protein, lemak. Mengikuti jejak dalam abrospsi GI tract nutrien gula yang mengandung glukosa di transfer langsung ke liver oleh vena porta. Ketika   glukosa plasma naik hati menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menyetornya untuk keperluan selanjutnya. Ada beberapa hormon yang mengatur glukosa darah diantaranya adalah insulin, glukagon, GH, kortisol, tiroksin. Insulin dan glukagon merupakan hormon yang identik tapi kerjanya  antagonis.
              Glukosa dalam darah ini diatur oleh glukagon dan insulin. Glukagon dihasilkan oleh alfa  sel sedangkan beta sel menghasilkan insulin. Glukagon bersifat simpatis insulin bersifat parasimpatis. 
            Insulin hormon dominan sesudah makan, insulin akan disekresi jika kadar gula darah naik, konsentrasi asam amino naik, feedforward dari GI tract hormon, aktifitas parasimpatetik.



glukagon dominan pada saat fasted state (ga makan) glukagon berfungsi sebagai pencegah hipoglicemi. Liver merupakan target utama dari glukagon. Glukagon menstimulasi glikogenolisis  dan gluneogenesis. Glukagon ini sendiri di dirilis dari asam amino plasma darah.