rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Sabtu, 19 Maret 2011

METABOLISME NUKLEOTIDA

METABOLISME NUKLEOTIDA

perannya diantaranya membentuk DNA dan RNA. Membentuk UDP glukosa membentuk ATP dan GTP membentuk NAD, FAD dan membentuk cAMP. Nukleosida diantaranya adalah purin atau pirimidin yang terikat dengan pentosa. Sedangkan nukleotida adalah ester fosfat dari nukleosida. Basa purin pertama yaitu adenin dan guanin. Cincin purin diantaranya adalah glycin glutamin aspartat. Cincin pirimidin diantarany adalah aspartat dan carbomoilfosfat.

dalam biosintesis nukleotida ada 2 jalur. Yaitu
a. jalur de novo
Nukleus fosfat yang menyusun purin dan pirimidin berasal dari PRPP. Nah PRPP ini sendiri dari Ribosa 5 fosfat + ATP. Ribosa 5 fosfat berasal dari HMP shunt. PRPP ini sendiri akan diubah menjadi fosfo ribosil 1 amin. Dengan enzim amidofosforibosil transferase dengan bantuan glutamin sebagai pendonor NH3. Lalu melewati 10 rangakaian reaksi akan membentuk IMP. IMP ini sendiri akan membentuk adenilosuksinat dan xantilat. Nah adenilosuksinat akan membentuk AMP sedangkan xantilat akan membentuk GMP.
b. jalur salvage pathway (recycling)
nah disini PRPP akan diubah menjadi purin-ribonukleotida.
Contohnya Adenin + PRPP jadi adenilat + Ppi.

BIOSINTESIS NUKLEOTIDA

Pirimidin
dibentuk dari glutamin dengan bantuan ATP dan HCO3 menjadi carbamoylphospat. Selanjutnya carbamoylphospat ditambah dengan aspartat menghasilkan N-Carbamoylaspartat. Dan akhirnya terbentuk UMP. Selanjutnya akan terbentuk CMP, yaitu dengan proses aminasi terhadap UMP.

REGULASI SINTESIS NUKLEOTIDA

1. feedback inhibition dari sintesis purin nukleotida merupakan kontrol dari biosintesis purin sintesis purin nukleotida dapat dihambat feedback pada beberapa tempat. Yang pertama enzim PRPP sintetase yang diinhibisi oleh AMP GMP IMP yang mengatur konsentrasi PRPP.
2. Reaksi kunci untuk dimulainya biosintesis purin oleh enzim glutamin PRPP amidotransferase dihambat oleh purin ribonukleotida.
3. AMP menghambat sintesis adenilosuksinat dari inosinat, sedang GMP menghambat perubahan inosinat menjadi xantilat.
4. GTP merupakan substrat dari sintesis GMP, dan ATP merupakan substrat dari sintesis AMP.


Hubungan timbal balik substrat ini atau resiprok memelihara produksi yang seimbang dari adenin dan guanin ribonukleotida. Nah untuk selanjutnya katabolisme purin dapat dilihat pada gambar dibawah ini



asam urat dalam serum yang ada digambar nantinya akan menumpuk menjadi kristal natrium urat disendi ini akan menyebabkan penyakit yang disebut gouty arthritis. Namun asam urat memiliki fungsi sebagai antioksidan. Katabolisme dari pirimidin dapat dilihat dari gambar berikut.