rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Sabtu, 19 Maret 2011

METABOLISME PROTEIN


Protein itu merupakan makromolekul yang berikatan dengan polipeptida. Berfungsi sebagai untuk: biokatalisator, hormon, da tempat penyimpanan genetika yang khas. Sifatnya ditentukan oleh jenis asam amino, urutan asam amino pada rantainya dan lain-lain. Asam amino adalah unit monomer suatu protein memiliki gugus fungsional yaitu gugus asam amino dan gugus asam karboksilat.

PENCERNAAN PROTEIN

Sebagian zat-zat makanan harus dipecah menjadi molekul-molekul sebelum diabsorpsi. Pemecahannya itu dibantu oleh enzim-enzim. Jadi urutan pencernaan proteinnya begini nii. Jadi awalnya makanan yang mengandung protein masuk ke dalam mulut, setelah dikunyah makanan masuk ke dalam lambung. Nah disini enzim pepsin bersama HCL mengubah protein asli menjadi proteosa dan pepton. Lalu isi lambung atau kimus ini akan masuk ke duodenum secara sedikit demi sedikit melalui spinkter pilorus. Nah disini sekresi pankreas dan empedu yang sangat basa menetralkan asam dari kimus. Lalu getah pankreas yang mengandung enzim tripsin dan kimotripsin akan mengubah protein asli proteosa dan pepton menjadi polipeptida. Getah pankreas juga mengandung enzim peptidase. Karboksipeptidase (menghidrolisis ikatan peptida terminal pada ujung karboksil). Amino peptidase dan dipeptidase (memecah ikatan peptida terminal pada ujung amino bebas). Lalu isi dari duodenum akan masuk kedalam usus.  Proses ini akan terus berlanjut sampai berubah menjadi asam amino penyusunnya. Asam amino akan diabsorpsi oleh mukosa usus halus masuk ke dalam sirkulasi darah.
           
jenis-jenis asam amino

ada yang esensial ataupun non esensial
essensial: Isoleusin, lysine, leucine, methionin, phenylalanin, threonina, triptofan, valin.
Non esensial: alanini, arginin, asparagin, asam aspartat, sistein, tirosin, serin, dan lain-lain.

KATABOLISME ASAM AMINO

NH3 berubah menjadi urea dibuang melalui urin rangka atom C nya akan membentuk metabolit tertentu. Pemisahan gugus amino berlangsung di hepar. Trans aminasi oleh enzim aminotransferase dan vitamin B. Menggunakan alfa ketoglutarat menghasilkan glutamat deaminasi oksidatif dan membebaskan amoniak. Masuk ke urea cycle.

UREA CYCLE

merupakan proses detoksifikasi dari NH3 dimulai dengan pembentukan karbamoilfosfat. Menggunakan karbamoilfosfat sintetase. Bedanya pembentukan karbamoilfosfat pada protein dan metabolisme nukleotida adalah Pada protein menggunakan urea sedangkan nukleotida menggunakan glutamin. Dari siklus urea ini dapat masuk ke dalam siklus kreb karena ada hubungan fumarat.

Tadi kan kita bicara bahwa rantai atom C dapat membentuk metabolit tertentu. Diantaranya dia dapat membentuk 7 jenis metabolit.
-piruvat
-asetil ko-a
-acetoacetyl co-a
-alfa ketoglutarat
-succinyl co-a
-fumarat
-oxaloacetat

dari metabolit yang terbentuk akan menghasilkan asam amino glukogen dan ketogen.

Kelainan pada asam amino

kelainan genetik pada enzim  atau inborn error.

ALKAPTONURIA

dikarenakan enzim defisiensi homogentisat oksidase. Ciri-cirinya urin berwarna hitam, arthritis, kulit berwarna hitam. 

ALBINISM

defisiensi enzim tirosinase. Akhirnya sensitif terhadap matahari menyebabkan kanker.

PHENYLKETONURIA

defisiensi enzim phenylalanin hidroksilase. Menyebabkan mental retardasi kerusakan otak irreversibel.

MAPLE SYRUP URINE DISEASE

defisiensi enzim branched chain alfa ketoacid dehidrogenase complex. Gejalanya muntah, retardasi mental, kerusakan otak.

METHYL MALONIC ACIDEMIA

penumpukan methylmalonyl co-a. Gejalanya sama seperti maple urine.



Beberapa biomolekul yang dapat dibentuk oleh asam amino.

GLUTATION

berfungsi sebagai reducing agent. Berfungsi untuk transfer asam amino dan proteksi terhadap radikal bebas.

NEUROTRANSMITTER

Glutamat dan Acetil kolin sebagai eksitatori neurotransmitter. Glycin dan GABA sebagai inhibitory neurotransmitter.

KATEKOLAMIN

.contohnya dopamin epinephrine,norepinephrine, berfungsi sebagai eksitatori neurotransmitter. NE dan E di produksi oleh sel chromaffin di medula adrenal. Defisiensi dari dopamin mengakibatkan parkinson disease juga meningkatkan cardiac output dan blood pressure epinephrine dibentuk dari orepinephrine metilasi dari PNMT.